Mau Umur Panjang dan Jauh dari Penyakit? Ikuti 7 Kunci Hidup Sehat Ini!

Mungkin Anda punya teman yang sangat jarang sakit, dan ingin tahu rahasianya? Sebenarnya kunci agar terhindar dari penyakit bukanlah rahasia yang harus disembunyikan. Karena sudah banyak orang yang berhasil melakukannya, asal diniatkan dengan benar, disiplin dan konsisten!

Jadi, bagaimana cara untuk menjaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit? Yuk praktkkan 7 kunci sehat di bawah ini.

  • Konsumsi vitamin D3

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Konsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik seperti kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. 

Tambahkan asupan suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

  • Rutin olahraga

Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki atau senam kecil di rumah. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan melancarkan peredaran darah.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

  • Minum teh hijau

Teh hijau selalu dikaitkan dengan kesehatan karena tingginya tingkat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Ayo rutinkan minum teh hijau setiap pagi, tapi disarankan dengan kadar gula rendah.

  • Tidur cukup

Tidur cukup merupakan salah satu kunci kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuhnya lebih kebal dari serangan virus, kuman dan bakteri. 

Sementara, orang yang tidur kurang dari 6 jam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena kekebalan tubuhnya lebih lemah.

  • Kelola stress dengan baik

Stress terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat melemahkan hormon kortisol, yang berperan melawan peradangan dan penyakit. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan sakit. Anda bisa coba lakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.

  • Bersosialisasi dengan orang di sekitar

Rasa kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu dari beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru sembuh dari paparan virus covid-19. Penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres yang memperlambat respons kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

  • Jangan malas menjaga kebersihan

Dalam upaya membuat tubuh tetap sehat dan menghindari penyakit, pastikan pula Anda berada pada lingkungan yang bersih. Hal ini dikarenakan kebersihan juga akan mempengaruhi kondisi fisik Anda. 

Biasakan rutinitas kebersihan ini Anda lakukan setiap hari: mandi 2 kali sehari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, membersihkan tangan sebelum melakukan aktivitas yang membuat tangan bersentuhan dengan mata atau mulut, cuci tangan selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda, serta tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk dan bersin. Kebiasaan ini akan membantu Anda tetap sehat, terhindar dari penyakit dan berumur panjang. 

 

Author avatar
admin
http://116.204.249.43

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
ohio_portfolio