Jangan Abaikan Kesehatan Otak, 4 Bahan Ini Wajib Dikonsumsi

Saat ini semua anak sudah wajib bersekolah setiap hari, maka dari itu para orangtua perlu mempersiapkan kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak setiap harinya. 

Terlebih lagi untuk nutrisi dan vitamin untuk mendukung aktivitas dan juga perkembangan otaknya. Namun, harus diingat bahwa anak juga beraktivitas di luar sekolah, seperti saat bermain bersama teman-temannya di rumah, atau saat les di luar sekolah. Yuk, jangan abai untuk memberi anak beberapa suplemen ini:

  1. Mineral

Diantara mineral yang ada, Kalsium adalah mineral terpenting nomor 1 yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak. Kalsium memainkan peran sentral sebagai pengirim pesan sel saraf. Mineral lain yang juga bermanfaat adalah magnesium dan seng. Sebuah studi menunjukkan bahwa pemberian suplemen Magnesium pada tikus ternyata dapat meningkatkan kerja dan memori jangka panjang. Sedangkan seng ditemukan dengan jumlah tinggi di dalam otak depan. Dan kekurangan seng akan menyebabkan gangguan neurologis dan psikologis yang berbeda.

 

  1. Vitamin C

Vitamin yang baik untuk otak selanjutnya adalah vitamin C, karena memiliki sifat antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Tidak hanya itu, vitamin C juga diduga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kemampuan kognitif anak.

Makanan yang merupakan sumber vitamin C antara lain jenis buah dan sayuran, seperti pepaya, mangga, jeruk, jambu, brokoli, tomat dan bayam.

Para mama atau bunda bisa memberi anak vitamin Vitasigi-F yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya, dan Chlorella Growth Factor untuk proses tumbuh kembangnya. Solusi ibu bijak untuk anak tetap sehat dan ceria.

 

  1. Vitamin B1, B6, B12

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan gangguan otak yang disebut Sindrom Wernicke-Korsakoff yang menyebabkan penderitanya mengalami kebingungan dan sulit memahami informasi yang diterima.

Untuk mengurangi risiko gangguan otak tersebut, penuhi asupan vitamin B1 dari kacang-kacangan, nasi, daging, ikan, dan sereal untuk anak. 

Vitamin untuk otak selanjutnya adalah vitamin B6 yang berperan dalam menjaga dan membantu perkembangan otak anak agar berfungsi dengan baik. Vitamin B6 juga baik untuk menunjang produksi hormon melatonin yang mengatur jam tidur dan waktu istirahat tubuh.

Selain itu, tambahkan asupan vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan mielin sebagai lapisan pelindung saraf otak. Vitamin B12 berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

 

  1. Asam Lemak Omega-3

Otak manusia sangat bergantung pada asupan asam lemak omega-3, docosahexaenoic acid (DHA), dan alpha-linolenic acid (ALA) yang cukup untuk perkembangan yang optimal.

ALA dapat diubah oleh tubuh menjadi EPA dan DHA untuk membentuk bahan penyusun sel otak dan memainkan peran penting dalam perkembangan otak, mata, dan sistem saraf.

DHA umumnya terkonsentrasi di area otak yang bertanggung jawab untuk membantu proses pembelajaran dan memori, sehingga penting untuk dikonsumsi anak untuk otak yang lebih cemerlang.

Beberapa sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk dikonsumsi antara lain: Ikan salmon, mackerel, biji-bijian, seperti rami dan kenari, suplemen minyak ikan

Author avatar
admin
http://116.204.249.43

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
ohio_portfolio