Hidup Sehat Bersahabat dengan Antioksidan, Apa Saja Manfaatnya?

Radikal bebas menjadi salah satu faktor pemicu penyakit berbahaya hingga mengakibatkan penuaan dini yang sebaiknya dihindari. Produksi radikal bebas umumnya disebabkan oleh polusi, paparan sinar ultraviolet, dan asap rokok yang beredar di sekitar kita. 

Antioksidan diketahui mampu menangkal serta menetralkan radikal bebas hingga meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud antioksidan dan apa manfaatnya bagi kesehatan?

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas dengan fungsi utama melawan radikal bebas di dalam tubuh manusia.

Antioksidan bisa ditemukan dalam makanan yang sering kita jumpai sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan di beberapa kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E.

Jika Anda ingin bersahabat dengan antioksidan, ada baiknya kenali lebih dalam tentang manfaat-manfaatnya:

 

  1. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan dikenal sebagai polifenol dapat mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes. 

 

  1. Mencegah penyakit saraf

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa radikal bebas berkaitan dengan gangguan suasana hati, seperti kecemasan dan depresi. Peran antioksidan disini adalah memerangi peradangan saraf yang disebabkan kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat memperbaiki gejala yang terkait dengan kecemasan dan depresi.

 

  1. Mempertajam kemampuan otak

Jangan lupakan vitamin E dan C yang termasuk ke dalam jenis antioksidan. Kedua vitamin ini akan membantu meningkatkan kemampuan otak dan mempertahankan ingatan jangka panjang.

 

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Fungsi antioksidan yang utama adalah melawan radikal bebas di dalam tubuh. Dengan ini tubuh tidak mudah terserang penyakit yang membahayakan bagi kesehatan. Apabila seseorang tidak mendapatkan asupan antioksidan yang cukup, bisa dipastikan akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan mudah sakit.

Maka, penting banget mengonsumsi makanan yang banyak kandungan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh seperti sayuran dan buah-buahan. 

 

  1. Memastikan fungsi hati tetap sehat

Hati memiliki fungsi sebagai organ detoksifikasi utama dalam memelihara keseimbangan metabolisme tubuh. Perasaan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel hati. Fungsi antioksidan untuk mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh akan melindungi sistem kerja hati agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

 

  1. Mencegah penuaan dini

Antioksidan memang sangat populer akan khasiatnya sebagai agen anti penuaan. Percaya deh, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa mengurangi munculnya keriput. Kalau Anda mau tampil awet muda, salah satu rahasianya adalah mencukupi asupan antioksidan dalam tubuh. 

Biar daya tahan tubuh makin maksimal, konsumsi Well3 C-500 Extra yang mengandung vitamin C jenis Pureway-C, Citrus Bioflavonoid, Zinc, Vitamin D, Vitamin E, dan Selenium. Perpaduan bahan-bahan tersebut terbukti mampu membooster imun tubuh sehingga terjaga dari radikal bebas dan virus-virus penyebab penyakit. 

Yuk, bersahabat dengan antioksidan mulai sekarang.

Author avatar
admin
http://116.204.249.43

Post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
ohio_portfolio