Ichi-I Infrared Stove Cegah Risiko Bahaya Asap Dapur

Beda dulu beda sekarang. Zaman dulu sebagian besar rumah dibangun terpisah dengan dapurnya. Sekarang karena keterbatasan lahan area ruangan-ruangan dalam rumah semakin mungil, otomatis luas area dapur pun semakin terbatas. Itu sebabnya dapur kini menjadi bagian ruangan dalam sebuah bangunan rumah.

Karena letaknya di dalam ruangan, maka kita harus memastikan dapur memiliki ventilasi udara yang cukup. Mengapa? Sebab, bahwa aktivitas memasak sebetulnya menyimpan risiko kesehatan yang cukup siginifikan. Bahaya asap dapur yang dihasilkan dari proses memasak sama-sama berisiko mengganggu kesehatan seperti asap rokok.

Sayangnya hal di atas belum banyak disadari masyarakat terutama para ibu yang menghabiskan banyak waktu cukup lama di dapur. Sirkulasi udara yang ada di dapur kadang tidak diperhatikan dengan baik. Padahal asap sisa pembakaran mengandung partikel-partikel kecil dan gas berbahaya (beracun) seperti karbon monoksida dan nitrogen oksida. Organ tubuh yang paling banyak diserang adalah sistem pernapasan dan peredaran darah dan efek yang paling cepat dikenali adalah bersin, batuk, serta sakit kepala. Bahkan yang lebih serius seperti asma, pneumonia, bronchitis, serta kanker paru-paru.

Bagaimana cara mencegahnya?

Yang bisa dilakukan adalah meminimalkan risiko-nya. Beberapa yang dapat dilakukan antara lain memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Selain itu, pemilihan alat masak yang sehat atau dapat meminimalkan risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah kompor.

Dapat dibilang, kompor adalah unit utama yang harus ada di dapur. Untuk itu selektiflah dalam memilihnya. Pada kompor biasa hanya sebagian gas yang mengalami pembakaran, sebagian gas yang tidak kontak dengan udara dan tidak terbakar akan terbuang percuma (pemborosan gas). Hal tersebut dinamakan pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna menghasilkan gas beracun karbon monoksida dan nitrogen oksida.

Ichi-I Infrared Stove, Bukan Kompor Biasa

Berbeda dengan kompor biasa, Ichi-I Infrared Stove hadir dengan teknologi infrared yang mengubah pembakaran gas menjadi panas radiasi infrared, serta memiliki bentuk tungku yang memastikan gas bercampur udara secara sempurna.

Gas dan udara yang terbakar di tungku keramik mengubah pembakaran gas menjadi panas radiasi infrared. Tidak ada gas yang terbuang percuma, dan inilah yang dinamakan pembakaran sempurna, tidak menimbulkan gas beracun karbon monoksida maupun nitrogen oksida. Hemat gas hingga lebih dari 30%.

Buat keluarga tercinta, tentu harus pilih yang aman, bukan?