VENI, VIDI, VICI: Datang, Lihat, ’Taklukkan’ Konsumen Anda di Tahun 2016!

Menutup akhir tahun 2015 dengan manis dan menyambut tahun baru 2016 dengan pengharapan hasil yang lebih baik merupakan dambaan setiap orang. Demikian pula dengan anggota CNI yang harus mempersiapkan diri lebih baik untuk mendapatkan pencapaian lebih maksimal dengan cara mempelajari strategi pemasaran lebih mutakhir.

Sebagai produk pembuka dalam strategi KPKS 2016, Up Series khususnya produk Up Hot Dark Chocolate, Up Green Tea dan Up Soya adalah produk-produk yang mempunyai peminat sangat banyak jika dipasarkan dengan tepat. Pemilihan target konsumen yang tepat sangat diperlukan agar hasil pemasaran yang diinginkan dapat lebih optimal. Untuk bisa menentukan siapa target konsumen yang tepat maka perlu dipelajari segmentasi, targeting,  dan positioning (STP)  masing-masing produk.  

Segmentasi maksudnya adalah membagi kelompok konsumen yang memiliki perilaku atau kebutuhan yang sama. Dengan demikian, pemasaran akan lebih terarah dan efektif.

Targeting maksudnya adalah mengevaluasi segmen pasar mana yang menjadi target penjualan kita dan focus pada konsumen yang potensial.

Positioning maksudnya menciptakan kesan-kesan tertentu di benak konsumen terhadap produk yang akan dijual, terutama apa yang membedakannya dengan produk pesaing.

Berikut adalah STP masing-masing produk Up Series

 

 

Up Hot Dark Chocolate

Up Green Tea

Up Soya


Segmentasi

Usia : 20 – 35 tahun

Gender : Wanita dan pria
Wilayah: perkotaan
SES : B- A-

Usia : 25 – 45 tahun
Gender : wani
ta dan Pria

Wilayah : perkotaan
SES : B- A-

Usia : >= 25 tahun
Gender : wanita dan Pria

Wilayah: perkotaan
SES : B- A-

 




Targeting

  • Penggemar cokelat

  • Eksektif muda dengan tingkat stress tinggi

  • Wanita yang moody

  • Wanita yang menginginkan relaksasi

  • Orang yang ingin sehat dengan cara bahagia
     

  • Wanita yang memperhatikan kecantikan dan berat badan ideal.

 

  • Wanita dan pria yang memperhatikan kesehatan tulang

  • Ibu hamil dan menyusui

  • Orang yang alergi susu hewani

 


Positioning

Minuman cokelat instan dengan ginseng untuk meningkatkan mood.

Minuman teh hijau instan dengan EGCG untuk menjaga kemurniaan sel tubuh.

Minuman sari kedelai dengan tinggi Kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

 

*)SES : strata ekonomi sosial

Dari tabel STP di atas maka untuk mendapatkan konsumen berpontensial tinggi adalah pada bagian targeting. Konsumen dalam kategori tersebut memang ingin mendapatkan produk sesuai dengan kebutuhannya. Jika konsumen tidak merasakan kebutuhan akan produk Up Series maka Anda dapat memunculkan kebutuhan tersebut dengan  memberikan penjelasan mengenai manfaat jika mengonsumsinya.

Setelah mempelajari sasaran masing-masing produk maka Anda bisa mengelompokkan di mana Anda bisa menjumpai konsumen dengan ciri-ciri tersebut. Bisa dimulai dari lingkungan sekitar Anda, keluarga, tetangga, lingkungan perumahan, teman-teman di kantor atau mencari tempat-tempat tertentu di mana konsumen dengan karakteristik tersebut dapat dengan mudah ditemui.

Misalnya, target konsumen Up Green Tea adalah wanita yang memperhatikan kecantikan dan berat badan. Konsumen dengan karakteristik ini dengan mudah ditemui di salon kecantikan atau perawatan tubuh karena di tempat-tempat itulah para wanita mempercantik diri dan memperhatikan kecantikan.  Untuk mempercantik diri bisa dilakukan dengan perawatan luar dan dalam. Perawatan dari luar bisa dengan melakukan scrub wajah agar terlihat halus atau menata ulang rambutnya, sementara perawatan dalam bisa dengan mengonsumsi makanan/minuman bergizi misalnya dengan mengonsumsi teh hijau Up Green Tea. Anda bisa menawarkan produk ini kepada pelanggan salon kecantikan atau bekerja sama dengan pihak pemilik salon kecantikan untuk menjadikan Up Green Tea menjadi bagian dari paket pelayanan.

Cara-cara ini bisa Anda terapkan untuk produk lainnya. Intinya, pastikan Anda memahami benar STP produk yang Anda jual agar bisa mendapatkan konsumen potensial daya belinya sehingga jalur pemasaran Anda akan semakin terbuka lebar.


Selamat menjemput kesuksesan di tahun 2016!

iBelieve, iCNI