Sel Punca Perbaikan Penampilan

TERAPI stem cell atau sel punca tidak hanya diterapkan untuk menangani beragam penyakit.Teknologi terkini itu juga diterapkan untuk memperbaiki penampilan.

Pakar sel punca dari taiwan, Prof Wang Tsu Wu, mencontohkan aplikasi sel punca untuk mengatasi kebotakan. ia menjelaskan hal itu dimungkinkan karena sel punca mampu meregenerasi diri menjadi sel-sel berbagai organ.

"Terapi ini disebut platelet rich plasma. Caranya, darah diambil sedikit lalu dipisahkan untuk diambil bagian plateletnya. Platelet itu lalu dicampur dengan sel punca yang telah dibiakaan dilaboratorium. Campuran itu lalu disuntikkan ke area pala yang botak," papar Prof Wang saat berbicara dalam seminar yang diselenggarakan Cherish Hair & Beauty Specialist di Jakarta, Sabtu (8/11). Acara itu digelar sebagai rangkaian peringatan ulan tahun ke-5 fasilitas perawatan kecantikan tersebut.

Prof Wang menjelaskan sel punca yang dipilih berasal dari matriks tali pusat bayi yang baru lahir. Sel punca itu diambil, dibiarkan, dan dimurnikan dilaboratorium. "Berdasarkan penelitian, sel punca tersebut aman dan efektif."

Pada kesempatan sama manajer Cherish Hair & Beauty Specialist mengungkapkan pihaknya mengikuti perkembangan teknologi untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. (*/H-3) 

Sumber: Media Indonesia | Jakarta, 12 November 2014 | Berita Ibukota