Susu Instan Sebabkan Anak Diabetes Dini

Radar Semarang 

BRUMBUNGAN-Kaum Ibu musti waspada terhadap produk asupan balita yang beredar di pasaran seperti susu sapi maupun susu formula. Sebab hampir sebagian besar semua produk susu instan, bisa menyebabkan anak mengalami gangguan metabolisme yang menyebabkan anak hiperaktif, autis, dan ADHD.
 
Peringatan itu disampaikan oleh Wied Harry Apriadji, penulis buku seri nutrisi dan masakan sehat alami pada seminar bertajuk “Balita Tumbuh Sehat, Cerdas dan Jangkung”, di Restoran Prima, Jalan Pringgading, kemarin (15/5).
 
“Susu sapi mengandung lemak dan protein yang berlebihan. Juga mengandung zat yang bisa menyebabkan kinerja pankreas bekerja sejak dini dan tanpa henti. Hasilnya, seperti telah diteliti, anak usia 5 tahun sudah menderita diabetes,” ujarnya.
 
Seminar diiuti ratusan ibu yang mebawa balita. Wied meminta ibu untuk memberi anak, makanan alami yang menyehatkan. Salah satunya, menjauhkan hitungan angka kalori dan nutrisi. “Jangan mempersulit diri sendiri dengan angka-angka itu. Karena itu hanya patokan umum, padahal setiap anak adalah spesial, tidak bisa disamaratakan,” terangnya.
 
Makanan balita yang alami dan menyehatkan, kata Wied, adalah makanan yang cukup nutrisi dan dapat diserap optimal. “Selain itu, jauhkan anak dari food additives dan makanan-minuman kaleng, botol, kemasan atau instan dan sejenisnya,” menurut Wied, nutrisi yang baik adalah ASI. ASI, lanjut dia, sebaiknya diberi pada balita usia dua tahun pertama.(*) 
 
Sumber berita : Radar Semarang | Semarang, 16 Mei 2011 | Hal : 2 | Berita Daerah